Dukcapil Menyapa Masyarakat, Program Baru Kemendagri Selesaikan Masalah di Lapangan

0

Jakarta – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus rutin melaksanakan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) setiap pekan, tepatnya di hari Sabtu dengan memanfaatkan zoom meeting dan live Youtube @ditjendukcapilKDN.

Acara Dukcapil Menyapa Masyarakat dimulai pada Sabtu (8/1/2022), dengan topik “Mengurus Pindah Penduduk” dan acara DMM pertama ini telah diikuti lebih dari 950 peserta, baik melalui aplikasi Zoom maupun Youtube.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, DMM diselenggarakan untuk membuka ruang dialog, tegur sapa, serta saling memberikan masukan antarinsan Dukcapil dengan masyarakat.

“Tujuan lainnya, pertama agar masyarakat bisa secara langsung mendapatkan informasi yang tepat mengenai pengurusan seluruh layanan administrasi kependudukan,” kata Zudan dalam keterangan dari Tanah Suci, Rabu (13/7/2022).

“Kedua, kalau ada keluhan, maka masyarakat bisa langsung menyampaikan untuk ditanggapi dan diselesaikan,” imbuhnya.

Zudan menyatakan, kunci pelayanan yang baik adalah meningkatkan kualitas kerja. Maka dari itu, Ditjen Dukcapil tetap rutin menggelar acara DMM hingga masuk Seri ke-25 dengan topik “Pemanfaatan Dokumen Kependudukan untuk Pelayanan Publik”, yang tayang pada Sabtu (9/7/2022).

Dukcapil mencatat, jumlah total peserta selama acara DMM di tahun 2022 ini sebanyak 15.096 orang. 

“Sertifikat yang sudah kami keluarkan sejumlah 11.973. Sebagian lagi masih dalam proses pengiriman. Sertifikat dikeluarkan untuk menambah angka kredit bagi pejabat jafung yang melaksanakan tugas di Dukcapil dan untuk masyarakat bagi yang membutuhkannya,” kata Dirjen Zudan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri berharap, lewat acara DMM ini dapat merawat kepuasan seluruh pelanggan layanan administrasi kependudukan secara nasional, yang notabene adalah seluruh penduduk yang ada di Indonesia, sekaligus aparatur Dukcapil daerah agar lebih berinovasi lagi untuk membahagiakan masyarakat.

Di berbagai kesempatan Dirjen Zudan Arif Fakrulloh memang selalu menekankan pentingnya inovasi dalam pelayanan Adminduk.

“Dalam layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, inovasi mutlak dilakukan. Hal ini bermuara kepada layanan dengan mengedepankan nilai-nilai seperti nilai tambah, kecepatan serta peningkatan kualitas untuk mewujudkan masyarakat bahagia,” demikian Dirjen Zudan Arif Fakrulloh. Dukcapil***

Artikel ini telah tayang di laman https://dukcapil.kemendagri.go.id dengan judul Dukcapil Menyapa Masyarakat, Program Baru Kemendagri Selesaikan Masalah di Lapangan, https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1318/dukcapil-menyapa-masyarakat-program-baru-kemendagri-selesaikan-masalah-di-lapangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com