Profil Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota PangkalPinang

    
Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 24 Tahun 2009,
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang mempunyai
tugas pokok melakukan sebagian urusan pemerintahan di Bidang
Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan asas otonomi dan
perbantuan.

      Dalam
melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil mempunyai fungsi merumuskan kebijakan teknis lingkup kependudukan
dan pencatatan sipil, menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan dan
pelayanan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, membina dan
melaksanakan tugas dibidang kependudukan dan pencatatan sipil yang
meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan data
penduduk, pengawasan, pengusutan, penyuluhan dan dokumen, melaksanakan
pelayanan teknis administratif dinas serta melaksanakan tugas lain yang
diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Adapun visi dan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang, adalah sebagai berikut:

VISI


Terselenggaranya pelayanan administrasi kependudukan untuk mewujudkan
masyarakat yang sadar dan tertib administrasi kependudukan “.

MISI

  • Melaksanakan Pencatatan Peristiwa Kependudukan
  • Mewujudkan pembangunan jaringan, pengelolaan data, pendayagunaan dan pelaporan kependudukan dalam system informasi dan administrasi kependudukan.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang kependudukan dan pencatatan sipil.