Dirjen Teguh: IKD Bakal Jadi Network Layanan Publik

0

Jakarta – Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 dan HUT Kementerian Dalam Negeri tahun 2023, Ditjen Dukcapil menggelar pelayanan perekaman KTP-el dan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD). 

Pelayanan administrasi kependudukan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sasana Bakti Praja Gedung C lantai 2, Kantor Kemendagri Pusat, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023) hingga Jumat (11/8/2023).

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengatakan, pihaknya terus berusaha mengembangkan IKD agar lebih hebat lagi ketimbang yang ada saat ini, yakni masih dalam tahap awal untuk dikembangkan lebih lanjut. 
 
Cita-citanya, kata Teguh Setyabudi, IKD itu bakal seperti SingPass atau ‘Singapore Personal Access’, yakni sebagai hub (network) bagi pelayanan publik lain. 

“Fungsi IKD nantinya akan menjadi single sign on, yaitu akan terkoneksi dan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan, pendidikan, pelayanan sosial, perbankan, pajak, payment gateway, dan masih banyak lainnya. Itulah era satu data nasional sesungguhnya. Semuanya dilakukan melalui handphone dalam genggaman tangan,” tutur Dirjen Teguh, Jumat hari ini.

Itu sebabnya, sambung Teguh, cita-cita itu mesti dimulai dari sekarang dengan menggalakkan aktivasi aplikasi IKD, termasuk melalui kantor-kantor pemerintahan dan swasta.

Menurut koordinator pelayanan Sesario Fernandes, hingga hari ketiga pelayanan perekaman KTP-el dan aktivasi IKD di Kantor Kemendagri Pusat, berhasil melayani sebanyak 805 pemohon. Jumlah ini terdiri cetak KTP-el sebanyak 407 pemohon, aktivasi IKD 391 pemohon dan rekam KTP-el bagi keluarga pegawai Kemendagri sebanyak 7 pemohon. Dukcapil***

Artikel ini telah tayang di laman https://dukcapil.kemendagri.go.id dengan judul Dirjen Teguh: IKD Bakal Jadi Network Layanan Publik, https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1827/dirjen-teguh-ikd-bakal-jadi-network-layanan-publik

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com