Pelangi Dimatamu, Inovasi Terbaru Dukcapil untuk Masyarakat Termarjinal

0

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang pada tahun 2023 telah mengeluarkan inovasi baru. Inovasi ini diperuntukkan kepada masyarakat yang termarjinalkan.

Kepala Disdukcapil, Darwin mengatakan, jika inovasi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami hambatan dalam memperoleh dokumen kependudukan, untuk itu Pelangi Dimatamu merupakan pelayanan keliling untuk membuat dokumen kependudukan.

“Jadi inovasi ini, kita memberikan pelayanan keliling untuk masyarakat agar bisa mempunyai dokumen kependudukan. Pelangi Dimatamu ini mempunyai makna kita memberikan warna kepada mereka,” ujar Darwin.

Maksud dari masyarakat yang termarjinalkan diantaranya ialah, bagi adik-adik yang berada di lapas, baik lapas anak, Lapas Narkoba, Lapas Dewasa yang Tua Tunu maupun Lapas Perempuan.

“Kemudian juga untuk ODGJ, lansia dan bagi masyarakat yang sedang sakit dan tidak bisa kemana-mana. Semuanya itu kita berikan hak yang sama tanpa membedakan status gender dan sosial,” tuturnya.

“Untuk memaksimalkan kerja ini kita sudah melakukan kerja sama dengan Dinsos, dan MoU dengan panti asuhan, kelurahan dan tentu juga PSM nya yang merupakan ujung tombak kita,” lanjutnya.

Saat ini, Disdukcapil telah menyelesaikan dokumen dari 88 masyarakat yang membutuhkan pembuatan dokumen. “Kami sudah selesaikan 100 persen dari 88 masyarakat, yang diperoleh dari data Dinas Sosial,” tukasnya.

Seperti contohnya saja ada masyarakat yang sakit dan tidak mempunyai KTP, dan akan dirujuk pengobatannya ke Palembang.
Mb”Ketika dihubungi PSM, kita langsung turun membawa perlengkapan dan saya juga langsung turun, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ujarnya.

“Mudah-mudahan inovasi ini dapat lebih maksimal lagi kedepannya, dan memberikan warna bagi seluruh masyarakat,” tutupnya. 

Artikel ini telah tayang di laman https://negerilaskarpelangi.com dengan judul Pelangi Dimatamu, Inovasi Terbaru Dukcapil untuk Masyarakat Termarjinal, https://negerilaskarpelangi.com/2023/07/13/pelangi-dimatamu-inovasi-terbaru-dukcapil-untuk-masyarakat-termarjinal/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com