Sejak Diluncurkan Pedekate Berkah Diminati Pengantin Dapatkan Dokumen Kependudukan

0

PANGKALPINANG, LASPELA – Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, pengantin dapat KK, KTP-el beserta akta perkawinan atau buku nikah (pedekate berkah) banyak membantu pengantin di Kota Pangkalpinang mendapatkan dokumen kependudukan.

Inovasi ini diperuntukkan bagi para calon pengantin. Pada tahun 2022  berhasil masuk kedalam top 5  lomba Inovasi Daerah Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Inovasi ini memberikan kemudahan bagi para calon pengantin dalam urusan dokumen kependudukan. Karena ketika menggunakan layanan ini, pengantin langsung dapat berbagai dokumen yang dibutuhkan, mulai dari KTP dengan status menikah, Kartu Keluarga (KK), dan dokumen lainnya.

Kepala Disdukcapil, Darwin, mengatakan hampir setiap minggu banyak calon pengantin yang menggunakan inovasi tersebut, karena sangat efisien dan memudahkan calon pengantin.

Inovasi ini berawal dari target Pemerintah Pusat yang mengharuskan seluruh pengantin khususnya yang non muslim untuk mempunyai buku akta nikah.

“Bedasarkan target kinerja tersebutlah kita mencoba berupaya agar bagaimana target tersebut cepat tercapai, kalau biasanya targetnya dikejar akhir tahun, kita berpikir bagaimana kalau bisa target ini bisa selesai semester pertama,” ujarnya.

Dia bersama timnya berpikir keras mencari perbandinga dengan daerah lain dan mencoba melakukan haluan yang disebut  dengan inovasi pedekate berkah. Dimana bagi calon pengantin mudah dalam mendapatkan surat-surat.

“Nanti mereka depat KK, KTP-el, buku nikah dan akta nikah kalau yang muslim, kalau yang non muslim akte perkawinan. Bisa juga kita antar ketempatnya jika mereka menginginkan dan ini gratis,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Kemenag, KUA, Gereja serta Vihara. “Kita juga meminta kepada Gereja dan Vihara untuk bisa mensosialisasikan kemudahan ini,” imbuhnya.

Khusus inovasi juga, pihaknya telah menyediakan medsos IG dan Facebook Pedekate Berkah, sehingga masyarakat dapat menggali informasi terkait Pedekate Berkah.

“Alhamdulillah yang tadinya dianggap ribet dan lama, sekarang menjadi mudah, jika mau secara online tingga foto saja berkasnya kalau semua sudah sesuai sistem maka akan selesai, tinggal kamu antarkan berkas barunya atau bisa ambil langsung di Disdukcapil,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di laman https://negerilaskarpelangi.com dengan judul Sejak Diluncurkan Pedekate Berkah Diminati Pengantin Dapatkan Dokumen Kependudukan, https://negerilaskarpelangi.com/2023/07/12/sejak-diluncurkan-pedekate-berkah-diminati-pengantin-dapatkan-dokumen-kependudukan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com