Capaian KTP Digital Baru 1,25 Persen, Pemkot Pangkalpinang Sasar Pelajar

0

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kepemilikan Identitas Kependudukan Digital atau IKD terus dikebut oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya sebanyak  pihaknya ditargetkan sebanyak 25 persen dari total penduduk yang memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik alias KTP-el harus memiliki IKD atau KTP digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, Darwin mengungkapkan, pemerintah kota memang tengah berupaya untuk mengejar target masyarakat melakukan registrasi IKD. Dari 25 persen target yang ditetapkan baru terealisasi sebesar 1,25 persen atau sebanyak 1.400 orang yang memiliki IKD.

“Capaian masyarakat yang memiliki IKD baru sekitar 1,25 persen dari target total masyarakat Kota Pangkalpinang yang sudah melakukan perekaman KTP-el,” kata dia kepada Bangkapos.com, Jumat (17/3/2023).

Darwin membeberkan, capaian target tersebut dinilai sangat signifikan sejak diberlakukan pada pertengahan 2022 lalu. Pada bulan Februari 2022 lalu masyarakat yang memiliki IKD sendiri baru tercapai 0,4 persen atau sekitar 566 orang. Hal ini imbas program jemput bola yang dilakukan, dengan mengunjungi sekolah, instansi pemerintah maupun swasta untuk melakukan aktivasi IKD.

Penerapan IKD merupakan migrasi ini dilakukan tak lain sebagai mandat pemerintah pusat. Penerapan KTP Digital atau identitas kependudukan digital itu merujuk pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggaraan IKD. KTP-el akan digantikan oleh KTP digital alias IKD.

“Naiknya sangat signifikan sekali, hampir 1.400 orang target yang kita capai. Imbas program jemput bola ke sekolah dan instansi,” jelas Darwin.

Lebih lanjut ungkapnya, rendahnya perolehan target IKD karena ditengarai oleh beberapa permasalahan. Mulai dari rendahnya minat masyarakat untuk memiliki KTP digital. Kesadaran masyarakat yang merasa IKD belum penting, hingga sebagian masyarakat yang belum memiliki telepon pintar atau smartphone. Lalu, masyarakat sudah memiliki gawai namun sistem operasinya masih di bawah versi 8.0.

Walaupun begitu KTP digital tidak ditekankan kepada masyarakat yang tidak memiliki smartphone, atau yang berdomisili wilayahnya yang sulit mendapatkan jaringan akses internet. Mereka masih diperbolehkan menggunakan KTP-el seperti biasanya. Karena peralihan dari KTP-el ke KTP digital masih dilakukan secara bertahap.

“Kalau mengharapkan masyarakat datang ke kantor itu sangat susah dan sedikit capaiannya. Sehingga kalau kita turun langsung ke lapangan naiknya cukup signifikan,” paparnya.

Kendati demikian kata Darwin, target 25 persen perekam KTP untuk memiliki IKD sendiri akan direvisi oleh Kementerian Dalam Negeri. Hal ini lantaran beberapa permasalahan dan masukan yang diusulkan sejumlah pemerintah daerah. Bahkan beberapa daerah di Indonesia capaian IKD masih berada di angka satu persen.

Maka dari itu pihaknya menargetkan capaian realisasi IKD dapat optimal pada tahun 2023 ini. Caranya selain melakukan sosialisasi  pihaknya juga melakukan upaya jemput bola dengan melakukan perekaman KTP ke sekolah-sekolah. Pasalnya, untuk pembuat KTP pemula di Pangkalpinang mencapai 5.000-an orang lebih. Sehingga setelah mereka melakukan perekaman akan langsung diarahkan untuk melakukan aktivasi KTP digital.

Tak hanya itu, Dukcapil juga melakukan perekaman KTP ke luar kantor. Caranya dengan memanfaatkan momentum kegiatan ataupun acara yang berlangsung setiap harinya. Hal ini untuk meningkatkan minat masyarakat untuk memiliki KTP digital.

“IKD target dari Kementerian dalam Negeri akan ada revisi, kita memang diharuskan mencapai target 25 persen dari total perekam KTP. Karena saat ini banyak bermacam kendala yang kita alami, karena belum semua daerah mampu menerapkan ini bahkan beberapa daerah baru di bawah satu persen,” pungkas Darwin. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Capaian KTP Digital Baru 1,25 Persen, Pemkot Pangkalpinang Sasar Pelajar, https://bangka.tribunnews.com/2023/03/17/capaian-ktp-digital-baru-125-persen-pemkot-pangkalpinang-sasar-pelajar.
Penulis: Cepi Marlianto | Editor: khamelia


Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com