Tim Penilai KIPP Lakukan Verfikasi, Datangi Disdukcapil Pangkalpinang

0

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Tim penilai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap inovasi milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Kamis (13/10/2022).

Verifikasi lapangan dilakukan oleh tim panel independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022 dengan Ketua Tim Penilai, Bustami Rahman, didampingi Yan Megawandi, Sucipto, Jumli Jamaluddin, dan Biro Organisasi Pemerintah Provinsi, Sucipto.

Bustami Rahman mengatakan, verifikasi lapangan dilakukan sebagai salah satu tahapan penilaian lomba KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah sebelumnya dilakukan presentasi dan wawancara di hadapan tim panel independen.

“Jadi peninjauan lapangan ini untuk meyakinkan kami, sebagaimana yang telah ditulis di dalam proposal. Jadi antara proposal, hasil wawancara dan keadaan di lapangan cocok atau tidak, itu yang kita lihat,” kata dia kepada Bangkapos.com usai kegiatan, Kamis (13/10/2022)..

Menurutnya lomba senditi sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Dari puluhan inovasi yang ada saat ini terdapat 10 inovasi yang masuk ke dalam sepuluh besar dari tujuh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Satu di antaranya yakni inovasi PeDeKaTe Berkah atau akronim dari Pengantin Dapat KK, KTP-el Beserta Akta Perkawinan dan Buku Nikah milik Disdukcapil Kota Pangkalpinang. Maka dari itu perlu dilakukan verifikasi lapangan untuk melihat apakah inovasi itu benar dilaksanakan.

“Seberapa jauh instansi tersebut memaparkan dalam wawancara kemarin apakah benar itu ada di lapangan,” jelas Bustami.

Di sisi lain lanjut dia, ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan. Pertama yakni kesesuaian antara proposal, hasil wawancara dan implementasi di lapangan. Kedua, telah diimplementasikan paling singkat dua tahun terakhir.

Bahkan diakui dia, saat melakukan proses verifikasi di lapangan pihaknya melihat langsung proses inovasi tersebut. Terlebih dengan diberikannya beberapa berkas administrasi kependudukan berupa KK hingga KTP baru bagi pasangan pengantin.

“Setelah di lapangan memang benar mereka yang menikah langsung mendapatkan berkas administrasi seperti inovasi tersebut. Prosesnya bagaimana lalu kami juga mewawancarai para penerima inovasi mereka puas atau tidak dan sebagainya,” sebutnya.

Kendati demikian kata Bustami, pihaknya menargetkan pengumuman lima besar KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini akan diumumkan pada 28 Oktober 2022 mendatang. Nantinya, lima inovasi yang terpilih akan diikutkan ke dalam KIPP tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Oleh karenanya ia berharap, ke depan banyak perangkat daerah yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Ini merupakan kunjungan ketiga yang kita lakukan, kita sudah ke Belitung dan Belitung Timur kemarin. Hari ini di Pangkalpinang dan sebentar lagi provinsi kemudian Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan yang masuk dalam 10 besar KIPP,” pungkas Bustami. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tim Penilai KIPP Lakukan Verfikasi, Datangi Disdukcapil Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2022/10/13/tim-penilai-kipp-lakukan-verfikasi-datangi-disdukcapil-pangkalpinang.
Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com