Kepekaan Modal Penting Pendataan Penyandang Disabilitas

0

Denpasar – Pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Penyandang Disabilitas kini telah sampai di Provinsi Bali, NTT dan NTB. Acara yang digelar di SLB 1 Badung, Bali, hari ini Jumat (22/4/2022), dihadiri langsung oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Dalam sambutannya Angkie memahami bahwa pendataan disabilitas tidaklah mudah, banyak rintangan dan kendala yang dihadapi.

“Dengan tantangan yang dihadapi, saya mengharapkan partisipasi dari organisasi penyandang disabilitas membantu pendekatan dan pendataan bagi teman-teman penyandang disabilitas,” ujar Angkie.

Menyambung sambutan Angkie, Dirjen Zudan turut menyampaikan bahwa akses pelayanan penyandang disabilitas telah disiapkan.

“Akses telah kita siapkan. Di balik akses itu yang dibutuhkan adalah kepekaan. Bagaimana kita merasakan sebelum orang itu mengatakan. Kita harus bergerak melayani dahulu sebelum mereka meminta,” jelas Zudan.

Zudan juga menegaskan, yang paling mendasar dalam pendataan ini adalah memasukkan jenis disabilitas di biodatanya.

“Dengan data yang dimiliki, maka pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penyandang disabilitas, seperti menyediakan guru, buku dengan huruf braile, dan penerjemah,” tutur Zudan.

Kepala sekolah SLB 1 Badung Nyoman Suwastarini juga mengucapkan terimakasih atas adanya pelayanan ini memudahkan bagi anak-anak disabilitas.

“Terima kasih kami ucapkan atas perhatian pemerintah dan pemerintah daerah serta semua pihak yang terkait, melalui Bapak Dirjen Dukcapil beserta jajaran, Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota, semuanya yang telah memberikan pelayanan khusus bagi anak-anak kami. Keterbatasan dan kesulitan akses mereka bukan halangan lagi dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan,” tutur Nyoman.

Dalam sambutannya juga, Zudan juga mengungkapkan agar jajaran Dukcapil pro aktif melakukan jemput bola pada penyandang disabilitas.

“Jemput bola adalah ruh pelayanan Ditjen Dukcapil hingga Disdukcapil daerah,” pungkas Zudan. Dukcapil***

Artikel ini telah tayang di laman https://dukcapil.kemendagri.go.id dengan judul Kepekaan Modal Penting Pendataan Penyandang Disabilitas, https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1204/kepekaan-modal-penting-pendataan-penyandang-disabilitas

Leave A Reply

Your email address will not be published.