Dukcapil Pangkalpinang Tutup Sementara Pelayanan Dokumen Kependudukan, Ini Alasannya

0

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung kembali menutup sementara pelayanan dokumen kependudukan di dinas itu mulai hari ini, Selasa (8/3/2022) hingga Senin (14/3/2022).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin mengungkapkan, penutupan tersebut dalam rangka migrasi data ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang membutuhkan waktu selama dua hari lamanya.

“Perubahan sistem dari SIAK terintegrasi ke SIAK terpusat, memakan waktu dua hari,” jelas Darwin kepada Bangkapos.com, Selasa (8/3/2022).

Diakuinya, ada alasan tersendiri dinas mengambil kebijakan tersebut. Apabila pihaknya tetap memaksakan pelayanan dikhawatirkan justru akan ada kekeliruan atau bahkan kehilangan data, sebab selama dua hari tersebut akan dilakukan migrasi data ke pusat.

Jadi selama itu tidak ada proses input, ubah ataupun cetak data. Namun dukcapil hanya menerima berkas saja, setelah proses migrasi data selesai semua berkas yang masuk akan segera diproses.

“Pihak dukcapil hanya menerima berkas saja. Setelah proses migrasi data selesai, berkas-berkas akan diproses langsung,” jelas Darwin.

Di sisi lain dia mengklaim, pengalihan sistem menjadi SIAK Terpusat ini diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses dokumen administrasi kependudukan.

Di mana pelayanan bisa menjadi lebih baik karena dapat terbaca langsung oleh pusat sehingga masyarakat juga dapat mengakses dokumen lebih cepat.

“SIAK merupakan suatu sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem administrasi kependudukan,” kata Darwin.

Oleh karena itu Darwin meminta masyarakat untuk tetap sabar dalam proses migrasi data ini. Dimana selama waktu itu juga petugas di dukcapil masih memerlukan proses sosialisasi atau pengenalan terhadap sistem yang baru diterapkan untuk menuju digitalisasi Adminduk (Administrasi kependudukan) dalam genggaman.

“Sebut saja pengambilan dokumennya mulai Senin pekan depan. Insyaallah mulai senin depan sudah lancar,” kata Darwin. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dukcapil Pangkalpinang Tutup Sementara Pelayanan Dokumen Kependudukan, Ini Alasannya, https://bangka.tribunnews.com/2022/03/08/dukcapil-pangkalpinang-tutup-sementara-pelayanan-dokumen-kependudukan-ini-alasannya.
Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati

Leave A Reply

Your email address will not be published.