Dukcapil Berikan Terobosan Pelayanan Administrasi ke Masyarakat

0

Pangkalpinang, Diskominfo – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang memberikan terobosan pelayanan administrasi, dengan Program Rekam Langsung Jadi.

Sekretaris Disdukcapil Darwin S.pd mengatakan, mereka akan berkoordinasi dan mengambil izin di Kementerian Dalam Negeri RI untuk program tersebut.

“Bagi masyarakat yang berusia 17 tahun dan usia wajib KTP begitu mereka rekam, mulai dari foto iris mata, sidik jari direkam, kalau biasanya kan lama hari itu diusahakan jadi. Alurnya ini rekam langsung jadi kita input ke sistem, hitungan menit pusat oke, langsung tercetak,” jelas Darwin, di ruang kerjanya, Jumat (4/12/20).

Selain Program Rekam Langsung Jadi, Dukcapil juga akan mengeluarkan program inovatif pada 2021 mendatang berupa 3 in 1 administrasi kependudukan. Produknya adalah Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.

“Sebenarnya sih sekarang sudah mulai. 3 in 1 itu jika ada yang melahirkan kita usahakan dari rumah sakitnya sudah ngelapor, sudah nginput, boleh RS boleh orang tuanya nginput lewat pelayanan online. Langsung terbit tiga,” lanjutnya.

Dia menuturkan, pihaknya akan mengupayakan terciptanya ruang pelayanan senyaman mungkin dan tidak ada pungutan liar (pungli) dari petugas pelayanan. Pihaknya juga telah menyebarkan 500 kuesioner tentang pungli pada indeks kepuasan masyarakat. Hasilnya, menurut Darwin tidak ada masyarakat yang pernah mengalami pungli.

Sumber : Diskominfo Pangkalpinang

Leave A Reply

Your email address will not be published.