Momen Libur Natal dan Tahun Baru, Pelayanan Perekaman KTP-el di Disdukcapil Pangkalpinang Membludak

0

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Satu pekan terakhir, pelayanan perekaman KTP-elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang membludak.

Sejumlah layanan mulai dari rekam KTP, hingga pencatatan dokumen lainnya ramai.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang Darwin menyebut, hal ini dikarenakan momen libur natal dan tahun baru. 

Kata Darwin, di momen libur natal dan tahun baru memang biasa dimanfaatkan oleh anak-anak yang sekolah di luar daerah untuk pulang dan mengurus pembuatan KTP-el dan dokumen lainnya.

“Jadi di libur ini mereka pulang dan mengurus berkas-berkas, salah satunya KTP-el, bagi mereka yang akan berusia 17 tahun,” sebut Darwin kepada Bangkapos.com, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, dalam sehari pihaknya dapat melayani hingga 110 warga untuk perekaman baru saja, sementara pelayanan perubahan status dan perubahan alamat di KTP pun terus ada. 

“Melihat dengan jumlah masyarakat yang datang membludak ini, dalam sehari kami bisa melayani hingga 200 untuk KTP-el,” katanya. 

Dengan demikian, untuk stok blanko saat ini dikatakan Darwin mulai menipis. Kurang lebih stok blanko tinggal 800 pcs saja.

“Tentu jika permintaan masyarakat tetap tinggi dalam pembuatan KTP-el, 800 blanko akan habis dalam seminggu. Namun kita akan meminta bantuan kepada Provinsi untuk pengadaan blanko karena di Provinsi stoknya ada 7000, jika memang urgent kita harus meminta ke Dirjen Dukcapil,” tuturnya.

Kata Darwin, melihat dari data keseluruhan pembuatan KTP-el hingga Februari nanti, Pemerintah Kota Pangkalpinang masih membutuhkan setidaknya 2.000an blanko KTP-el untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

InsyaaAllah blanko nanti akan datang pada akhir Januari. Hingga saat ini kepemilikan KTP-el di Kota Pangkalpinang ialah 163.479 dan jumlah ini akan terus bertambah di setiap harinya,”ungkap Darwin.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Momen Libur Natal dan Tahun Baru, Pelayanan Perekaman KTP-el di Disdukcapil Pangkalpinang Membludak, https://bangka.tribunnews.com/2024/01/08/momen-libur-natal-dan-tahun-baru-pelayanan-perekaman-ktp-el-di-disdukcapil-pangkalpinang-membludak.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati


Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com