Wakili Pangkalpinang, Inovasi PeDeKaTe Berkah Melenggang ke KIPP Tingkat Nasional

0

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Inovasi ‘PeDeKaTe Berkah’ yang digagas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung akhirnya dapat melenggang ke tingkat nasional dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau KIPP.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin mengatakan, inovasi PeDeKaTe Berkah atau akronim dari Pengantin Dapat KK, KTP-elektronik Beserta Akta Perkawinan dan Buku Nikah. Berhasil melaju pada KIPP tingkat nasional usai masuk ke dalam top lima KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022.

Seperti yang diketahui, inovasi tersebut telah melesat masuk ke dalam top sepuluh, dan berhasil mendapatkan poin tertinggi dari 40-an lebih proposal inovasi yang masuk.

Baik tingkat pemerintah provinsi, hingga kabupaten/kota dalam ajang KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah Disdukcapil Kota Pangkalpinang dengan Inovasi PeDeKaTe Berkah-nya mewakili Kota Pangkalpinang pada KIPP untuk tahun 2022 tingkat nasional,” kata dia kepada Bangkapos.com, Senin (21/11/2022).

Darwin mengungkapkan, memang dari pihak penyelenggara yakni Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak memberikan peringkat terhadap lima inovasi yang diajukan untuk mengikuti ke KIPP nasional.

Akan tetapi pihaknya mendapatkan bocoran bahwa inovasi PeDeKaTe Berkah berhasil mendapatkan poin tertinggi.

Setelah tim penilai KIPP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap inovasi milik Disdukcapil Kota Pangkalpinang pada Kami, 13 Oktober 2022 lalu.

Dengan masuk lima besar, otomatis inovasi tersebut berhak dan langsung diikutsertakan dalam KIPP nasional tahun 2022.

“Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mereka tidak memperingatkan inovasi mana yang mendapatkan peringkat pertama. Jadi yang sudah mendapatkan top lima saat ini sudah mendapatkan hak dan langsung diikutsertakan KIPP nasional tahun 2022,” jelas Darwin.

Di sisi lain sambung dia, pihaknya sendiri kini terus mematangkan inovasi tersebut agar dapat maksimal.

Dimana Disdukcapil terus mengupayakan peningkatan jumlah layanan. Caranya dengan bersosialisasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan para pemuka agama lainnya.

Pasalnya, inovasi PeDeKaTe Berkah akan menjadi inovasi yang terus berkelanjutan dari tahun ke tahun, dan terus diperbaiki seiring waktu.

Agar cakupan kepemilikan akta perkawinan agar lebih banyak. Sasaran inovasi ini sendiri memang untuk menghilangkan stigma sebagian besar masyarakat ‘mengurus dokumen susah dan berbelit-belit’.

Tak hanya itu juga banyaknya pasangan pengantin yang lengah dan terlena usai menikah.

Dimana sebagian besar tidak langsung mengurus dokumen administrasi kependudukan mereka. Sehingga ketika ada urusan mereka baru sadar mengurus berkas tersebut.

“Maka sesuai penilaian, inovasi kita akan berkelanjutan. Jadi pada tahun 2022 Insya Allah terus kita perbaiki untuk jumlah layanan,” paparnya.

Lebih jauh, dengan adanya inovasi ini Disdukcapil juga menerima penghargaan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tentang strategi kepemilikan akta perkawinan terbaik di provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan penghargaan ini pihaknya sendiri tak mau jemawa. Tentunya hal ini menjadi pemantik supaya inovasi lainnya dapat terus dikembangkan.

Seiring dengan visi dan misi Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menjadi Kota Beribu Senyuman.

Inovasi PeDeKaTe Berkah sendiri memberikan keteladanan dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan setelah menikah, baik bagi muslim maupun non-muslim.

Masyarakat dipermudah untuk mendapatkan KK, KTP-el  dan akta perkawinan serta buku nikah.

Bahkan dokumen itu langsung diantarkan langsung oleh petugas dari Disdukcapil setempat dan diserahkan langsung kepada kedua mempelai. Paling lama lima menit setelah prosesi akad berlangsung.

“Jadi hari ini kita mendapatkan dua kejutan, yang pertama biro organisasi sebagai top lima dan bocorannya kita yang terbaik. Kedua, mendapatkan penghargaan itu tadi,” pungkas Darwin. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Wakili Pangkalpinang, Inovasi PeDeKaTe Berkah Melenggang ke KIPP Tingkat Nasional, https://bangka.tribunnews.com/2022/11/21/wakili-pangkalpinang-inovasi-pedekate-berkah-melenggang-ke-kipp-tingkat-nasional?page=2.
Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Iwan Satriawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com