BSSN Tawarkan Colocation Data Center pada Ditjen Dukcapil Kemendagri

0

Jakarta – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus berharmonisasi dengan Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) dengan menggelar audiensi pusat data tertentu pada Data Center BSSN.

Acara audiensi dipimpin oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian dan dihadiri oleh pejabat tinggi di lingkungan BSSN. Pertemuan diadakan di Kantor BSSN, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2023). 

Perwakilan dari Ditjen Dukcapil dihadiri langsung oleh Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, Direktur PIAK Erikson P Manihuruk, Direktur FPD2K AS Tavipiyono dan tim teknis.

Saat ini BSSN membangun Pusat Data yang dipersiapkan untuk menampung data penting yang ada di instansi pemerintahan termasuk data kependudukan yang merupakan informasi vital yang harus dijaga berdasarkan PP 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Perpres No. 82 Tahun 2022 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital.

Saat membuka diskusi, Kepala BSSN Hinsa Siburian menyampaikan bahwa Data Center BSSN telah menjadi TIER 4, yakni tingkatan tertinggi dalam levelisasi data center dan dikelola secara profesional oleh BSSN.

“Kami membuka kesempatan untuk mendukung penguatan keamanan data kependudukan dan BSSN menawarkan untuk penggunaan colocation Data Center Dukcapil. BSSN juga telah menyediakan ruangan untuk memantau/monitoring untuk antisipasi serangan cyber,” jelas Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Dalam kunjungannya, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan jajaran BSSN yang telah banyak memberikan dukungan dan bantuan, baik dari sisi pengamanan informasi maupun penempatan perangkat di Data Center BSSN.

“Kami berterima kasih kepada BSSN yang telah banyak membantu Ditjen Dukcapil dalam penguatan keamanan sistem Dukcapil. Harapannya BSSN tetap memberikan pendampingan keamanan kepada Ditjen Dukcapil dan memfasilitasi transfer knowledge terkait pencegahan cyber kepada tim teknis Data Center dan Data Recovery Center Dukcapil,” ujar Dirjen Teguh saat paparan.

Ditjen Dukcapil juga menyambut baik usulan penggunaan Data Center BSSN. “Namun masih perlu diskusi lanjutan terkait penganggaran dan infrastruktur yang akan ditempatkan,” kata Teguh menutup keterangan. Dukcapil***

Artikel ini telah tayang di laman https://dukcapil.kemendagri.go.id dengan judul BSSN Tawarkan Colocation Data Center pada Ditjen Dukcapil Kemendagri, https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1715/bssn-tawarkan-colocation-data-center-pada-ditjen-dukcapil-kemendagri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com