Disdukcapil Pangkalpinang Terima Penghargaan, Asyraf: Terus Buat Inovasi

0

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang menerima penghargaan atas prestasi Penilaian Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Tingkat Provinsi kategori Strategi Peningkatan Akta Perkawinan Terbaik. Diharapkan penghargaan tersebut dapat memotivasi dan meningkatkan pelayanan.

Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pelayanan harus menumbuhkan rasa sejuk, nyaman kepada masyarakat. Sehingga masyarakat senang, karena mendapatkan pelayanan dengan baik.

“Penampilan petugas saat memberikan pelayanan harus diperhatikan. Masyarakat yang dilayani merasa senang. Apabila petugas pelayanan menggunakan seragam jas seperti di dunia perbankan. Ke depan Disdukcapil Pangkalpinang hendaknya bisa terus membuat inovasi,” saran Asyraf, Jum’at (30/12/2022).

Menyinggung mengenai pelayanan berstandar ISO, Asyraf mengatakan, standar ISO Disdukcapil di daerah akan mengikuti pusat. Namun untuk itu, pelayanan harus dilakukan sesuai SOP guna mendukuung ISO tersebut. Selain itu diharapkan Disdukcapil Pangkalpinang bisa meningkatkan penggunaan KTP digital.

Usai penyerahaan penghargaan, Asyraf ditemani Darwin, S.Pd, Mat Kepala Disdukcapil Pangkalpinang melakukan peninjauan langsung ke tempat pelayanan.

Saat berdialog dengan petugas pelayanan, Asyaf memberikan motivasi agar petugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara saat sesi wawancara, Darwin, S.Pd, Mat mengatakan, Disdukcapil Pangkalpinang sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pencatatan akta perkawinan.

Inovasi telah dilakukan yakni, memberikan akta pernikahan kepada pasangan yang baru melangsungkan pernikahan.

“Kita juga melakukan kerja sama denga KUA se Kota Pangkalpinang. Kami meminta catatan data perkawinan sejak sepuluh tahun lalu. Hasilnya, kami mendapatkan ribuan data nomor akta perkawinan untuk diinput ke sistem,” jelasnya.

Selanjutnya ke depan, kata Darwin, selain peningkatan pencatatan akta perkawinan juga akan meningkatkan penerbitan akta kematian. Untuk itu, Disdukcapil Pangkalpinang berkeinginan membuat inovasi terkait dua hal tersebut.

“Setelah kerja sama dengan pihak KUA, kita juga akan melakukan kerja sama dengan tokoh agama non Islam. Lalu tahun 2023 mendatang kita akan mengikutsertakan lagi inovasi untuk peningkatan pencatatan akta kematian,” tegas Darwin. (huzari/rel)

Artikel ini telah tayang di laman https://rakyatpos.com dengan judul Disdukcapil Pangkalpinang Terima Penghargaan, Asyraf: Terus Buat Inovasi, https://rakyatpos.com/disdukcapil-pangkalpinang-terima-penghargaan-asyraf-terus-buat-inovasi.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com