Mahfud MD: Anjungan Dukcapil Mandiri, Inovasi Luar Biasa Dalam Layanan Publik

0

Surabaya – Menko Polhukam Mahfud MD dalam pengarahan kepada para kepala daerah, ketua DPRD, sekda, kepala dinas dukcapil, kepala Bappeda se Jatim menyampaikan bahwa pemerintah terus meningkatkan kualitas layanan publik. Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) menjadi model yang bagus untuk membangun layanan publik yang berkualitas.

“ADM ini merupakan inovasi yang luar biasa bagus dari Dukcapil Kemdagri ini akan menjadikan layanan publik kita bisa menjadi lebih baik dan berkualitas” tegas Mahfud MD pada Rapat Koordinasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 pada Program ‘Jatim Smart Province’ di Grand City, Surabaya, Jum’at (31/01/2020)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupaya agar penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) terus diperluas. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian  mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah daerah untuk menggunakan mesin ADM.

Menurutnya, sejak diluncurkan pada November 2019 lalu hingga saat ini, sudah ada enam belas mesin ADM dibeli oleh empat pemerintah daerah (Pemda). Yakni, Magetan, Tangerang Selatan, Wonogiri, dan Musi Banyuasin dan Provinsi Jatim.

“Kita ingin daerah daerah menggunakan mesin ADM tahun ini,” kata Tito.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menerangkan, kapasitas mesin ADM itu dapat mencetak 200 KTP-el, dan 500 Kartu Keluarga serta dokumen kependudukan lainnya. Sebab itu, pihaknya berkomitmen akan menyuplai kebutuhan blanko untuk mesin ADM tersebut. Kemendagri sedang  mengupayakan tambahan 25 juta keping  blanko KTP-el untuk seluruh Indonesia pada tahun ini.

Zudah meyakinkan, layanan ADM membuat pekerjaan birokrasi menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagian tugas-tugas manual Dukcapil beralih dalam satu aplikasi di mesin. Sementara itu, pelayanan tentunya semakin baik.

Karena sejatinya, inovasi tersebut dirancang khusus agar masyarakat dapat mencetak dokumen dengan cepat, bisa diproses kapanpun, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi. Dukcapil***

* Artikel telah dimuat di Koran Rakyat Merdeka edisi Hari Pers Nasional tanggal 08 Februari 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.